Berita

Training of Trainer (ToT) Penyiapan Calon Debitur Prospektif untuk Usaha Kehutanan dan Investasi Lingkungan

Jakarta – Training of Trainer (TOT) penyiapan calon debitur yang prospektif untuk usaha kehutanan dan investasi lingkungan merupakan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) dengan Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi (PERMATA). TOT ini diselenggarakan pada tanggal 16-18 Januari 2018 di Jakarta yang dihadiri 38 orang perwakilan PERMATA dari provinsi Riau, Jambi, Sulawesi Utara, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Papua. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi secara masif terkait fasilitas pembiayaan BLU Pusat P2H khususnya pada daerah transmigrasi.

Paparan mengenai Konsep Usaha Kehutanan

TOT diawali dengan pemantapan pengetahuan mengenai peraturan-peraturan yang menjadi landasan operasional BLU Pusat P2H. Selanjutnya dilakukan pengenalan mengenai peraturan, prinsip dan skema pembiayaan serta korelasinya dengan peran yang akan dilaksanakan oleh PERMATA dalam meningkatkan akses masyarakat dalam mendapatkan fasilitas dana bergulir untuk usaha kehutanan dan investasi lingkungan.

Peserta Training of Trainer

Antusias para peserta dalam memahami fasilitas dana bergulir BLU Pusat P2H sangat tinggi yang ditandai dengan tingginya intensitas diskusi antara peserta dan narasumber TOT. Hal ini sangat diperlukan mengingat peran yang akan mereka jalani sebagai salah satu jembatan masyarakat untuk mengakses pembiayaan BLU Pusat P2H, khususnya pada daerah-daerah transmigrasi.

Suasana diskusi Training of Trainer (ToT)

Melalui kegiatan ini diharapkan PERMATA dapat membantu menyiapkan calon penerima Fasilitas Dana Bergulir (FDB) yang prospektif, melakukan identifikasi awal terhadap potensi pembiayaan, serta dapat mengidentifikasi resiko pembiayaan untuk usaha kehutanan yang bersifat on farm maupun off farm dan investasi lingkungan.