Berita

Temu Usaha Kehutanan Dalam Rangka Penyiapan Calon Penerima Fasilitasi Dana Bergulir yang Prospektif untuk Usaha Kehutanan Skema Pinjaman dan Skema Bagi Hasil (On Farm dan Off Farm) di Provinsi Aceh

Banda Aceh – Pada tanggal 18-19 Oktober 2017 bertempat di Hotel Hermes Palace Banda Aceh telah dilaksanakan acara Temu Usaha Kehutanan yang difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh berserta Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P2H), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Acara Temu Usaha Kehutanan tersebut dihadiri oleh peserta yang mencapai 150 orang yang berasal dari Dinas LHK Aceh KPH Wilayah I – VI, BPDASHL Krueng Aceh, Pelaku usaha, Petani, Penyuluh kehutanan, Akademisi, dan LSM.

  

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas LHK Aceh, Ir. Saminuddin B.Tou, M.Si. Dalam sambutannya Kepala Dinas LHK Aceh menyambut baik pelaksanaan kegiatan temu usaha kehutanan tesebut karena diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh para petani terkait permodalan dan mengharapkan kepada BLU-Pusat P2H dapat mengalokasikan dana untuk kelompok tani terpilih serta kompeten.

Pengembangan usaha kehutanan merupakan salah satu upaya untuk mendukung penyediaan bahan baku hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK) sebagai kebutuhan industri primer hasil hutan, dapat meningkatkan daya saing usaha dan pendapatan masyarakat, mengurangi penebangan illegal di dalam kawasan hutan, serta peningkatan produktifitas dan kelestarian hutan.

Selain paparan dari berbagai narasumber dan diskusi, pada acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian di atas akta notaris terhadap pinjaman tunda tebang oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum BLU-Pusat P2H, Ir. Karman, MM yang disaksikan oleh Kepala Dinas LHK Aceh, pihak  Asosiasi Pengembang Kayu Jabon ASPEKJA Aceh dan pelaku usaha.

 

Sumber : Bidang Rehabilitasi Lahan, Bina Usaha dan Perhutanan Sosial, DLHK Aceh