artikel temu usaha semarang
Berita

Temu Usaha Dalam Rangka Identifikasi Pembiayaan Usaha Kehutanan Off Farm Provinsi Jawa Tengah

Ayo share!

19 September 2019 | Perkembangan industri hasil hutan kayu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan nilai tambah hasil hutan kayu di provinsi Jawa Tengah serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Di provinsi Jawa Tengah banyak industri perkayuan kategori usaha mikro, kecil dan menengah dan dalam pengembangannya dibutuhkan permodalan untuk mengembangkan usahanya.

Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) merupakan salah satu satuan kerja pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mempunyai tugas pokok dalam mengola Fasilitas Dana Bergulir (FDB) untuk mendukung pembiayaan usaha kehutanan dan investasi lingkungan.

Cakupan pembiayaan sesuai Permen LHK No. P.59/Menlhk-Setjen/2015 tentang Tata Cara Penyaluran dan Pengembalian Dana Bergulir untuk Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan meliputi usaha kehutanan yang bersifat On Farm dan Off Farm.

Adapun FDB BLU Pusat P2H dapat menjadi salah satu alternatif sumber pembiayaan untuk mendukung usaha industri hasil hutan kayu di provinsi Jawa Tengah.

Pada hari Kamis sampai dengan Jum’at, 19 – 20 September 2019, BLU Pusat P2H melaksanakan acara temu usaha dengan tajuk “Temu Usaha Dalam Rangka Identifikasi dan Bimbingan Proposal Pembiayaan Usaha Kehutanan Off Farm Provinsi Jawa Tengah”. Acara ini diselenggarakan di kota Semarang dengan tujuan diperolehnya calon-calon penerima FDB yang prospektif untuk usaha kehutanan Off Farm khususnya industri hasil hutan kayu di provinsi Jawa Tengah.

Selain itu juga dapat diperoleh data potensi calon penerima FDB usaha kehutanan industri hasil hutan kayu di provinsi Jawa Tengah, potensi lokasi, potensi pembiayaan yang dapat difasilitasi oleh BLU Pusat P2H.

Dalam acara temu usaha dimaksud, BLU Pusat P2H menghadirkan narasumber dari berbagai instansi, diantaranya: Penasehat Senior Menteri – Prof. Dr. Ir. H. San Afri Awang, M.Sc., Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah – Ir. Teguh Dwi Paryono, M.T., Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hutan Dirjen PHPL, Ketua Indonesian Light Wood Assosiation (ILWA) – Sumardji Sarsono, Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah diwakili oleh Pujiono.

Sementara itu peserta yang hadir terdiri dari pemangku kebijakan (kementerian dan dinas terkait), praktisi perbankan, praktisi industri pengolahan kayu, petugas lapangan wilayah kerja Jawa Tengah dan para Pimpinan Industri Pengolahan hasil hutan kayu dan furniture di Jawa Tengah.

shares