Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) merupakan salah satu unit kerja di Kementerian LHK yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 137/KMK.05/2007 tanggal 1 Maret 2007 tentang Penetapan Badan Pembiayaan Pembangunan Hutan Departemen Kehutanan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dengan status Badan Layanan Umum Bertahap (BLU Bertahap).
Pada tahun 2010 berdasarkan penilaian dari Tim Penerapan PK-BLU yang dituangkan dalam Berita Acara No. BA-03/Tim-Penilai/2010 dinyatakan layak secara administrasi, oleh karenanya dengan keputusan Menteri Keuangan Republik IndonesiaNo.105/KMK/.05/2010 tanggal 9 Maret 2010, tentang Penetapan Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan pada Kementerian Kehutanan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum secara Penuh (BLU-Penuh).
Tugas pokok: mengelola fasilitas dana bergulir  untuk mendukung pembiayaan usaha kehutanan dan investasi lingkungan
BLU Pusat P2H tidak berorientasi pada keuntungan (profit) tetapi  pada pelayanan (service) dan eksistensinya harus terjaga (mampu self financing).
Pengelolaan keuangan fleksibel, bisnis yang sehat, produktif dan efisien untuk menunjang tupoksinya
top