Berita

Peningkatan Kemampuan Analisis Kelayakan Usaha dan Mitigasi Resiko Pembiayaan Pegawai BLU Pusat P2H

Jakarta – Kemampuan dalam menganalisis kelayakan usaha dan mitigasi resiko pembiayaan dengan  baik dan tepat, sangat diperlukan oleh pegawai BLU Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) dalam menilai proposal pembiayaan dari calon penerima Fasilitas Dana Bergulir (FDB). Oleh karena itu, pada tanggal 28 Februari – 2 Maret 2018, BLU Pusat P2H menyelenggarakan pelatihan Analisis Kelayakan Usaha dan Mitigasi Resiko Pembiayaan tersebut di Menara Peninsula Hotel, Jakarta yang menghadirkan praktisi perbankan sebagai narasumber.

Untuk mengetahui peningkatan kemampuan dalam menganalisis mitigasi resiko, sebelum dan sesudah penyampaian materi oleh praktisi perbankan dilakukan pre test dan post test. Penyampaian materi-materi pelatihan dengan komunikasi dua arah, dimana narasumber membuka interaksi dengan peserta ketika sedang memberi materi pelatihan. Materi-materi tersebut meliputi analisis laporan keuangan, analisis rekening koran, prinsip-prinsip jaminan, teknik penilaian jaminan, dan  manajemen resiko pembiayaan.

Paparan materi oleh narasumber sekaligus diskusi peserta pelatihan

Melalui kegiatan pelatihan diharapkan peserta pelatihan mampu melakukan analisa kelayakan usaha melalui laporan keuangan dan rekening koran calon penerima FDB dengan cepat, tepat, dan akuntabel. Termasuk peningkatan kemampuan dalam melakukan penilaian jaminan dan mitigasi resiko pembiayaan FDB.