BLU Pusat P2H Laksanakan Penandatanganan Perjanjian Pinjaman di Blora

Pinjaman usaha kehutanan

Pinjaman Usaha Kehutanan: Kamis (31 Januari 2019) Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) laksanakan penandatanganan perjanjian pinjaman tunda tebang Hutan Rakyat dengan anggota Kelompok Tani Hutan Rakyat (KTHR) kabupaten Blora porvinsi Jawa Tengah.

Perjanjian pinjaman tersebut dilakukan oleh BLU Pusat P2H dengan 3 (tiga) KTHR yaitu KTHR Kembang Jati, KTHR Jati Bersemi III, dan KTHR Warna Makmur yang beranggotakan sejumlah 35 (tiga puluh lima) orang dengan nilai komitmen Rp. 1.136.380.000.

Dalam acara tersebut secara simbolis penandatanganan dilakukan oleh Sumindar beserta istri dari KTHR Kembang Jati, Teguh Purnomo beserta istri dari KTHR Jati Bersemi III, dan Jamari beserta istri dari KTHR Warna Makmur.

Penyerahan buku TabunganKU BRI secara simbolis.

Setelah prosesi penandatanganan, dilakukan pula penyerahan buku TabunganKu BRI secara simbolis kepada perwakilan dari KTHR.

Jumlah debitur di kabupaten Blora sejak tahun 2013 hingga tahun 2017 adalah 848 anggota (orang). Dengan nilai total pinjaman sejumlah Rp. 21.272.546.000.

Sementara itu, debitur di kabupaten Blora saat ini berjumlah 35 orang yang merupakan akumulasi dari 3 (tiga) KTHR yakni: KTHR Kembang Jati, KTHR Jati Bersemi III, dan KTHR Warna Makmur.

Tujuan dari pemberian pinjaman tunda tebang hutan rakyat atau pinjaman usaha kehutanan ini adalah untuk menunda penebangan tanaman kehutanan sampai tercapai umur masak tebang serta mempertahankan dan meningkatkan potensi hutan secara optimal dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Jangka waktu pinjaman  yang diberikan kepada debitur adalah sampai dengan pemanenan tanaman, atau maksimal 8 (delapan) tahun terhitung mulai saat pemindah bukuan pinjaman untuk yang pertama kali. ■ PP – AFN

Tags

top