konten kreatif biro humas klhk
Berita

Pusat P2H Persiapkan Konten Kreatif dan Optimasi Website

Ayo share!

(22/10/2018) Pada penghujung Oktober 2018, Biro Humas dan Kemasyarakatan Kementerian LHK menyelenggarakan acara berupa bimbingan teknis dengan tajuk “Publikasi Kreatif”.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Budhi Chandra, S.H. Acara ini diselenggarakan dalam semangat optimasi publikasi di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mengingat Presiden Republik Indonesia dan Menteri LHK telah menekankan bahwa harus adanya upaya untuk menyampaikan informasi kepada publik dalam bentuk yang kreatif.

BLU Pusat P2H menugaskan tim I.T. untuk menghadiri acara di Kridangga Ballroom, Century Park Hotel,  Jl. Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat.

Dorong Produktifitas dalam Publikasi Kreatif

Dalam pembukaan acara dipaparkan mengenai highlight capaian 4 tahun pemerintahan Jokowi – JK dalam bentuk video yang sebelumnya telah diunggah di YouTube.  Hal-hal semacam ini yang sepatutnya dibuat, artinya dengan meningkatkan produkstifitas dalam penyebaran informasi kepada publik, masyarakat luas dapat mengetahui program-program yang sedang dijalankan beserta produk dan layanan yang disediakan oleh Pemerintah.

Pemberitaan mengenai kehutanan sosial dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) harus disiarkan secara lengkap, sebab hal ini secara langsung diawasi oleh Presiden melalui website Kementerian LHK dan media sosial Kementerian LHK dan website masing-masing satuan kerja terkait.

Mengemas Berita Utama dalam Bentuk yang Kreatif

Dalam kegiatan ini dipandu mengenai teknis pembuatan konten-konten kreatif berupa infografis, video editing, dan desain grafis. Dihadiri oleh peserta dari satuan kerja di lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Catatan penting yang diperoleh dalam acara Bimbingan Teknis Publikasi Kreatif yakni bahwa selain mengemas berita dalam tampilan desain yang menarik dan tata bahasa yang mudah dimengerti, segmentasi pemberitaan sangat diperlukan agar tidak terjadi overload information pada sisi pembaca (publik). Artinya berita dapat ditulis dan disiarkan secara bertahap sehingga pada akhirnya pembaca memperoleh gambaran yang utuh atas suatu event.

Kemudian diketahui juga bahwa seorang content creator dituntut untuk memperkaya diri dengan referensi yang berkualitas mengenai teknis pembuatan berita, sehingga mampu menyusun sebuah publikasi yang baik dan menarik berdasar kepada kaidah-kaidah penulisan berita.

Saat ini BLU Pusat P2H tengah bekerja secara optimal dalam aspek publikasi mengenai pengenalan layanan Fasilitas Dana Bergulir (FDB) kepada masyarakat (calon debitur/ masyarakat pelaku usaha kehutanan) melalui website www.blup3h.id dan kanal di YouTube serta akun-akun media sosial di Facebook, Twitter dan Instagram. – AFN

shares