Training of Trainer (ToT) Anggota Asosiasi Business Development Service Indonesia (ABDSI)

Peserta ToT anggota ABDSI

Jakarta – Dalam rangka menyiapkan calon penerima Fasilitas Dana Bergulir (FDB) yang prospektif untuk pembiayaan usaha kehutanan dan investasi lingkungan, Badan Layanan Umum Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (BLU Pusat P2H) bersama dengan Asosiasi Business Development Service Indonesia (ABDSI) menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) di Peninsula Hotel, Jakarta. Kegiatan ToT tersebut diselenggarakan pada tanggal 26-27 Februari 2018 dan dihadiri oleh 35 orang peserta, perwakilan anggota ABDSI dari 19 Provinsi di Indonesia. 19 provinsi tersebut antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Palembang Lampung, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.

 

Peserta ToT mendapatkan materi mengenai BLU Pusat P2H dan Fasilitas Dana Bergulir (FDB), dan diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung terkait dengan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber. ToT sangat diperlukan mengingat peran ABDSI sebagai salah satu jembatan kelompok UMKM untuk mengakses pembiayaan BLU Pusat P2H. Materi yang disampaikan oleh BLU Pusat P2H antara lain pembiayaan usaha kehutanan off farm dan investasi lingkungan, bimbingan penyusunan proposal pembiyaan, serta korelasinya dengan peran ABDSI dalam meningkatkan akses kelompok UMKM binaan ABDSI dalam mendapatkan FDB untuk usaha kehutanan dan investasi lingkungan.

Suasana diskusi ToT

Melalui kegiatan ToT ini, anggota ABDSI diharapkan dapat membantu menyiapkan calon penerima FDB skala UMKM yang prospektif untuk pembiayaan kehutanan baik yang bersifat on farm maupun off farm dan investasi lingkungan pada kelompok UMKM binaan ABDSI.

Tags

top